Bansos untuk Lansia, Yatim Piatu dan Disabilitas Cair pada Desember 2022

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bantuan sosial (bansos) untuk lanjut usia (lansia), yatim piatu, dan penyandang disabilitas cair pada Desember 2022.

Kepastian itu ia sampaikan setelah anggaran bansos untuk ketiga kategori masyarakat tersebut disetujui Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Ia mengatakan setelah persetujuan itu diberikan, Kementerian Sosial langsung menyiapkan mekanisme agar penyaluran bansos tersebut dapat diketahui RT hingga kelurahan sehingga penyalahgunaan bansos bisa dicegah.
Jadi bansos ini untuk lansia di atas 80 tahun, tapi kami bantu juga untuk yang disabilitas, juga anak yatim, kami berikan pada Desember,” ujar Risma.

Nantinya, masing-masing akan mendapatkan Rp200 ribu per bulan. Selain itu, bagi lansia berusia 80 tahun keatas yang tinggal sendirian juga akan mendapatkan bantuan dan penyandang disabilitas juga akan mendapatkan bantuan Rp21 ribu per hari selama sebulan.

“Ada 334.011 orang yang akan kami berikan makan setiap hari, uangnya akan disalurkan melalui RT/RW setempat untuk dibelikan makanan ke penerima manfaat,” Risma menjelaskan.

Beliau menambahkan, bansos akan mengikuti data yang telah tercatat di Kementerian Sosial bagi keluarga tunggal. Kebijakan mengenai bantuan permakanan akan diserahkan pada penanggung jawab lingkungan penerima manfaat.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyiapkan alokasi anggaran tambahan Rp493 miliar kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk penyaluran bansos kepada lansia, anak yatim piatu, dan penyandang disabilitas.

Menurut data dari Kemensos, jumlah lansia berusia lebih dari 80 tahun calon penerima bansos berjumlah sekitar 334.000 individu. Kemudian sebanyak 946.863 yatim piatu dan 98.934 orang penyandang disabilitas.

 

Leave a Comment

Bisa Bantu Share Ke Family Yang Lain?