Kabar Gembira dan Jangan Lupa! Bansos yang Cair pada Oktober 2022, Anda Dapat yang Mana?

PORTALINDONESIA.COM – Memasuki bulan Oktober ini, pemerintah akan kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat.

Setidaknya daftar bansos tersebut sudah dinanti-nantikan bagi masyarakat, karena dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak semua orang mengetahui adanya bansos tersebut. Berikut 8 daftar bansos atau bantuan langsung tunai (BLT) yang wajib diketahui masyarakat agar tidak lupa untuk mencairkannya.r tidak lupa untuk mencairkannya.

Dirangkum portalindonesia.com, Selasa (3/10/2022), berikut 8 bansos yang cair bulan Oktober ini:

1. BLT BBM

Bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dicairkan sebesar Rp12,17 triliun.

Kementerian Sosial (Kemensos) pada Oktober 2022 sedang menyalurkan BLT BBM tahap 2 sebesar Rp300.000 melalui Kantor Pos

Masyarakat yang masuk kedalam kategori miskin atau rentan miskin disarankan login lewat link ini untuk melakukan cek penerima BLT BBM 2022 secara online.

2. BLT Subsidi Gaji

BLT subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan cair hari ini kepada 1,2 juta pekerja.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melanjutkan penyaluran BSU tahap ke 4 sebesar Rp600 ribu kepada pekerja yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang ada.

3. BLT UMKM

BLT UMKM akan cair mulai Oktober hingga Desember 2022 sebesar Rp600.000.

BLT UMKM ini berasal dari anggaran belanja wajib daerah untuk pelindungan sosial.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun anggaran 2022 menyatakan, dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, daerah menganggarkan belanja wajib pelindungan sosial untuk priode bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2022.

4. BLT Ojol

Pemerintah Kota Medan memastikan berencana menyalurkan dana BLT kepada penarik becak motor (bentor), pengemudi ojek online (ojol) dan sopir angkutan kota (angkot) mulai 5 Oktober 2022.

Total ada 17.229 orang, meliputi penarik bentor, pengemudi ojol, dan sopir angkot yang akan menerima BLT sebesar Rp600 ribu per orang.

5. BLT Nelayan

Nelayan mendapatkan BLT sebesar Rp150 ribu per bulan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal menyalurkan dana BLT sebesar Rp150 ribu per bulan kepada para nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM. Kebijakan tersebut diambil setelah Pemprov Jabar bersama stakeholder terkait menggelar Rapat Koordinasi Rencana Penyaluran BBM bagi Nelayan.

6. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa 2023 bakal dihapus jika anggaran untuk penanganan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada. BLT ini akan dialihkan ke bansos lainnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengungkapkan, BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, namun bukan untuk penanganan pandemi yang penyalurannya lebih lebih luas, akan tetapi untuk penanganan kemiskinan ekstrem.

7. Bansos PKH

Bansos PKH yang sudah direalisasikan sampai dengan akhir Triwulan III ini disalurkan sebanyak Rp21,3 triliun atau 74,3% dari total anggaran.

Sementara pada Triwulan IV akan dicairkan mulai Senin (3/10/2022).

8. BPNT

BPNT disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero). Adapun, besaran BPNT 2022 sebesar Rp2,4 juta per tahun. Senilai Rp200 ribu per bulan.

Leave a Comment

Bisa Bantu Share Ke Family Yang Lain?