BLT BBM 2022 Tahap 2 Segera Cair, Cek Status Penerima dan Pencairan di Kantor Pos

PORTALINDONESIA.COM – Pemerintah memastikan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahap II akan mulai disalurkan pada November 2022 mendatang.

BLT BBM diberikan selama dua tahap dengan besaran masing-masing Rp 300 ribu setiap pembagiannya. Penyaluran sudah dilakukan selama bulan September, dan akan berlanjut pada November 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat sempat mengecek langsung penyaluran BLT BBM. Berdasarkan catatan Jokowi, penyaluran BLT tahap I sebentar lagi akan selesai.

“Untuk BLT BBM sama, sudah tadi kita berikan dan mendekati selesai,” kata Jokowi, seperti dikutip Jumat (14/10/2022).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menyampaikan, mekanisme pembayaran BLT BBM dilakukan dua kali, yaitu tahap pertama sebesar Rp 300.000 pada September lalu sudah disalurkan dan tahap kedua akan segera cair Rp 300.000 pada November 2022.

Bagi Anda yang merasa berhak mendapatkan BLT BBM dan ingin mengecek apakah mendapatkan bantuan tersebut bisa melihat aplikasi dan website Cek Bansos Kemensos. Jika belum terdaftar, maka Anda bisa melakukan pendaftaran.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan BLT BBM dapat mengajukan diri sebagai penerima bantuan melalui Program Usul Sanggah. Program ini adalah fitur di dalam aplikasi cek Bansos yang ditujukan apabila ada orang yang berhak mendapatkan bantuan namun tidak mendapatkannya.

Fitur ini baru dapat diakses melalui aplikasi Cek Bansos bagi masyarakat yang telah mengunduh, mendaftar, dan datanya diverifikasi. Selain fitur tersebut, masyarakat juga dapat menghubungi command center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171.

Cara Ajukan Diri Sebagai Penerima BLT BBM

Dalam aplikasi Cek Bansos, Anda dapat mendaftarkan diri, keluarga, warga atau fakir miskin lain secara langsung pada tombol tambah usulan. Berikut cara lengkapnya:

Fitur Usul

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos
  2. Klik tombol menu Daftar Usulan dan klik tombol Tambah Usulan
  3. Anda wajib mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan calon penerima manfaat
  4. Pilih jenis bantuan sosial apakah itu BPNT atau PKH
  5. Unggah 2 foto yakni KTP dan rumah tampak depan

Fitur Sanggah

Ini merupakan kebalikan dari fitur usul yang memungkinkan masyarakat mendaftarkan diri atau orang lain sebagai penerima BLT BBM. Fitur ini akan menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda apakah layak mendapatkan bantuan atau tidak. Berikut cara selengkapnya:

  1. Buka aplikasi Cek Bansos
  2. Klik menu Tanggapan Kelayakan
  3. Halaman depan akan menampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda
  4. Anda bisa memberikan tanggapan dengan memilih ikon jempol yang menghadap ke bawah. Ikon tersebut untuk menilai penerim manfaat apakah layak mendapatkan bantuan.
  5. Anda juga bisa memberikan tanggapan dengan memilih ikon jempol menghadap ke atas. Ikon ini akan menilai seseorang sudah layak mendapatkan bantuan.
  6. Kemudian isi alasan kenapa orang yang Anda maksud tidak layak menerima BLT
  7. Terakhir, klik Kirimkan Tanggapan.
  8. Setelah mengajukan diri, pemerintah akan memverifikasi data tersebut. Jika sudah terverifikasi, maka pendaftar berhak mendapatkan BLT BBM.
  9. Setelah Anda terverifikasi, Anda bisa langsung mengecek status bantuan.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT BBM, Anda bisa langsung mendatangi Kantor Pos terdekat. Pemerintah dalam penyaluran BLT BBM memang telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia di berbagai wilayah.

Syarat & Cara Mencairkan BLT BBM

  1. Membawa surat undangan pencairan, KTP, dan KK ke kantor pos terdekat (undangan pencairan diberikan pemerintah desa atau RT/RW setempat.
  2. Datang ke kantor pos sesuai jadwal undangan.
  3. Ambil nomor antrian
  4. Serahkan berkas
  5. Setelah berkas mendapatkan verifikasi, Anda bisa mendapatkan BLT BBM

Leave a Comment

Bisa Bantu Share Ke Family Yang Lain?